RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI MA AL MAARIF SINGOSARI
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
DI MA AL MAARIF SINGOSARI
MAKALAH
PENYUSUN
M. TRISKA SAYYID ADLI
M. BINTANG PALLEVI
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG……….. 1
1.2 RUMUSAN MASALAH 2
1.3 TUJUAN 2
BAB II : PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN PENGEMBANGAN
SEKOLAH 3
2.2 KOMPONEN – KOMPONEN PENGEMBANGAN
SEKOLAH 3
2.3 PENGEMBANGAN SEKOLAH
di MA AL MAARIF SINGOSARI 5
BAB III : PENUTUP
3.1 KESIMPULAN 6
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengembangan sekolah merupakan salah satu wujud dari salah satu fungsi manajemen sekolah yang amat penting yang harus dimiliki sekolah. RPS berfungsi untuk memberi arah dan bimbingan bagi para pelaku sekolah dalam rangka menuju tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Berdasarkan pada ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, khususnya pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), mulai sekarang setiap sekolah pada semua satuan, jenis dan jenjang pendidikan termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus memenuhi SNP tersebut. Salah satu upaya untuk mencapai SNP, setiap sekolah wajib membuat pengembangan sekolah. Standar sarana dan prasarana ini mencakup: 1) kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah; 2) 5 kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah. Kondisi nyata di MA AL MAARIF SINGOSARI memiliki sarana prasarana yang memungkinkan dapat dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, seperti ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, labpratorium IPA, laboratorium computer, mushola/ tempat ibadah, alat peraga, media pembelajaran berbasis computer, dan sebagainya. Lebih jauh perlu diinventarisasi secara keseluruhan, apakah memang sudah memadai atau sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah sebagai organisasi pendidikan. Dari latar belakang masalah tersebut di atas, penulis sangat tertarik untuk meneliti secara mendalam dan penelitian ini mengambil judul “RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI MA AL MAARIF SINGOSARI”.
1.2 Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud pengembangan sekolah ?
Apa saja komponen – komponen pengembangan sekolah ?
Bagaimana pengembangan sekolah di MA Al Maarif Singosari ?
1.3 Tujuan
Mengetahui pengertian pengembangan sekolah
Mengetahui komponen – komponen pengembangan sekolah
Mengetahui pengembangan sekolah di MA Al Maarif Singosari
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pengembangan Sekolah
Pengembangan sekolah dapat diartikan sebagai upaya sistematis dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan. Hal ini mencakup berbagai aspek, termasuk manajemen sekolah, kurikulum, tenaga pendidik, fasilitas, dan partisipasi masyarakat.
1. Komponen – Komponen Pengembangan Sekolah
Manajemen Sekolah
Menejemen sekolah yang kompleks dan harus dilakukan setiap sekolah menjadi pekerjaan yang penting dibutuhkan solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas manajemen sekolah berikut adalah cara meningkatkan manejemen sekolah dengan efektif dan efesien
Memberikan informasi terbaru
Manajemen inventaris yang lebih baik
Pemrosesan data siswa
Manajemen Guru dan Karyawan
Menyederhanakan akuntasi sekolah
2. Pengembangan kurikulum
Pengembangan kurikulum di lakukan dengan mengacu pada standar Nasional pendidikan ( SNP). Sandar nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum negara kesatuan republic Indonesia. SNP diatur dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan pemerintah republic Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang standar Nasional pendidikan. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Standar yang di acu dalam pengembangan kurikulum adalah :
Standar kompetensi kelulusan
Standar isi
Standar proses
Standar penilaian pendidikan
3. Tenaga Pendidik
Pengembangan tenaga pendidik adalah untuk memperbaiki efektivitas kerja tenaga pendidik dalam mencapai hasil-hasil kerja yang telah di tetapkan dan merupakan suatu cara efektif untuk menghadapi beberapa tantangan dalam lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dapat dilakukan dengan cara :
Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
Mengikuti pelatihan yang menunjang kualitas guru
Aktif melakukan penelitian
Menciptakan budaya organisasi pembelajaran
Gerakan guru membaca
4. Fasilitas dan Infrastruktur
Fasilitas sekolah merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendukung keberhasilan akademik siswa. Fasilitas yang memadai dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan diri secara optimal. Oleh karena diperlukan strategi pengelolaan fasilitas sekolah yang efektif agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa. Berikut adalah beberapa strategi efektif pengelolaan fasilitas sekolah :
Melakukan pemetaan kebutuhan fasilitas sekolah
Perbaikan dan peningkatan fasilitas sekolah.
Integrasi teknologi dalam pembangunan infrastruktur.
5. Partisipasi Masyarakat
Membangun kemitraan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Menggali potensi lokal sebagai sumber daya pendukung pendidikan.
Melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan sekolah.
2.3 Pengembangan Sekolah di MA Al Maarif Singosari
Menurut komponen – komponen yang telah disebutkan pada subbab sebelumnya, bahwa MA Al Maarif Singosari telah memenuhi beberapa komponen. Contohnya, MA Al Maarif Singosari telah menetapkan kurikulum terbaru yang ditetapkan oleh KEMENDIKBUD yaitu “Kurikulum Merdeka”. Dalam komponen tentang tenaga kerja, MA Al Maarif Singosari telah berulang kali melakukan pembinaan tenaga kerja, baik itu guru maupun staf sekolah. Untuk komponen yang lain seperti fasilitas dan infrastruktur dan lain – lain, masih dalam proses pengembangan.

Komentar
Posting Komentar