RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI MA AL MAARIF SINGOSARI

 RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH

DI MA AL MAARIF SINGOSARI 


MAKALAH










PENYUSUN

M. TRISKA SAYYID ADLI

M. BINTANG PALLEVI





DAFTAR ISI


BAB I : PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG……….. 1

1.2 RUMUSAN MASALAH 2

1.3 TUJUAN 2

BAB II : PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN PENGEMBANGAN 

      SEKOLAH 3

2.2 KOMPONEN – KOMPONEN PENGEMBANGAN 

      SEKOLAH 3

2.3 PENGEMBANGAN SEKOLAH 

      di MA AL MAARIF SINGOSARI 5

BAB III : PENUTUP

3.1 KESIMPULAN 6

    



BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Pengembangan sekolah merupakan salah satu wujud dari salah satu fungsi manajemen sekolah yang amat penting yang harus dimiliki sekolah. RPS berfungsi untuk memberi arah dan bimbingan bagi para pelaku sekolah dalam rangka menuju tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Berdasarkan pada ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, khususnya pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), mulai sekarang setiap sekolah pada semua satuan, jenis dan jenjang pendidikan termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus memenuhi SNP tersebut. Salah satu upaya untuk mencapai SNP, setiap sekolah wajib membuat pengembangan sekolah. Standar sarana dan prasarana ini mencakup: 1) kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah; 2) 5 kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah. Kondisi nyata di MA AL MAARIF SINGOSARI memiliki sarana prasarana yang memungkinkan dapat dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, seperti ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, labpratorium IPA, laboratorium computer, mushola/ tempat ibadah, alat peraga, media pembelajaran berbasis computer, dan sebagainya. Lebih jauh perlu diinventarisasi secara keseluruhan, apakah memang sudah memadai atau sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah sebagai organisasi pendidikan. Dari latar belakang masalah tersebut di atas, penulis sangat tertarik untuk meneliti secara mendalam dan penelitian ini mengambil judul  “RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI MA AL MAARIF SINGOSARI”.





1.2 Rumusan Masalah


Apa yang dimaksud pengembangan sekolah ? 

Apa saja komponen – komponen pengembangan sekolah ?

Bagaimana pengembangan sekolah di MA Al Maarif Singosari ?


1.3 Tujuan


Mengetahui pengertian pengembangan sekolah

Mengetahui komponen – komponen pengembangan sekolah

Mengetahui pengembangan sekolah di MA Al Maarif Singosari




BAB II

PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Pengembangan Sekolah

Pengembangan sekolah dapat diartikan sebagai upaya sistematis dan berkelanjutan  untuk meningkatkan mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan. Hal ini mencakup berbagai aspek, termasuk manajemen sekolah, kurikulum, tenaga pendidik, fasilitas, dan partisipasi masyarakat.

1. Komponen – Komponen Pengembangan Sekolah

Manajemen Sekolah

Menejemen sekolah yang kompleks dan harus dilakukan setiap sekolah menjadi pekerjaan yang penting dibutuhkan solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas manajemen sekolah berikut adalah cara meningkatkan manejemen sekolah dengan efektif dan efesien 

Memberikan informasi terbaru

Manajemen inventaris yang lebih baik 

Pemrosesan data siswa

Manajemen Guru dan Karyawan 

Menyederhanakan akuntasi sekolah 

2. Pengembangan kurikulum 

Pengembangan kurikulum di lakukan dengan mengacu pada standar Nasional pendidikan ( SNP). Sandar nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum negara kesatuan republic Indonesia. SNP diatur dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan pemerintah republic Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang standar Nasional pendidikan.  Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Standar yang di acu dalam pengembangan kurikulum adalah :

Standar kompetensi kelulusan

Standar isi

Standar proses

Standar penilaian pendidikan 


3. Tenaga Pendidik

Pengembangan tenaga pendidik adalah untuk memperbaiki efektivitas kerja tenaga pendidik dalam mencapai hasil-hasil kerja yang telah di tetapkan dan merupakan suatu cara efektif untuk menghadapi beberapa tantangan dalam lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dapat dilakukan dengan cara :

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi 

Mengikuti pelatihan yang menunjang kualitas guru

Aktif melakukan penelitian 

Menciptakan budaya organisasi pembelajaran 

Gerakan guru membaca 

4. Fasilitas dan Infrastruktur

Fasilitas sekolah merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendukung keberhasilan akademik siswa. Fasilitas yang memadai dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan diri secara optimal. Oleh karena diperlukan strategi pengelolaan fasilitas sekolah yang efektif agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa. Berikut adalah beberapa strategi efektif pengelolaan fasilitas sekolah :

Melakukan pemetaan kebutuhan fasilitas sekolah 

Perbaikan dan peningkatan fasilitas sekolah.

Integrasi teknologi dalam pembangunan infrastruktur.


5. Partisipasi Masyarakat

Membangun kemitraan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Menggali potensi lokal sebagai sumber daya pendukung pendidikan.

Melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan sekolah.





2.3 Pengembangan Sekolah di MA Al Maarif Singosari


Menurut komponen – komponen yang telah disebutkan pada subbab sebelumnya, bahwa MA Al Maarif Singosari telah memenuhi beberapa komponen. Contohnya, MA Al Maarif Singosari telah menetapkan kurikulum terbaru yang ditetapkan oleh KEMENDIKBUD yaitu “Kurikulum Merdeka”. Dalam komponen tentang tenaga kerja, MA Al Maarif Singosari telah berulang kali melakukan pembinaan tenaga kerja, baik itu guru maupun staf sekolah. Untuk komponen yang lain seperti fasilitas dan infrastruktur dan lain – lain, masih dalam proses pengembangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dia Angkasa

ATHARRAZKA

ATHA