KEAMANAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI MA ALMAARIF SINGOSARI
KEAMANAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI MA ALMAARIF SINGOSARI
MAKALAH
DI SUSUN OLEH :
1.DWI AKHMAT FAREZI
2.MUHAMAD RIFKI FADILAH
KELAS XI-IIS 3
MADRASA ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI
MEI 2024
KATA PENGANTAR
Assalamualikum Wr. Wb. Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah Swt. yang telah melimpatkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah tentang “Keamanan Lingkungan Sekolah Di Madrasa Aliyah Almaarif Singosari”. Tak lupa sholawat dam salam semoga tetap tercurah pada Nabi Muhammad Saw, kepada keluarga para sahabat dan seluruh umatnya.
Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan karya ilmiah. Ini dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi teman-teman dan bagi pembaca pada umumnya. Dan ucapan terimakasih kepada pembimbing kami karena telah mengarahkan kami pada hal yang positif.
Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih dapat kekurangan, baik dari penyusunan maupun tata bahasa penyampaian dalam karyah ilmiah ini. Oleh karena itu, kami dengan rendah hati menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah ini.
Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demikesempurnaan makalah ini.
Singosari, 20 Mei 2024
Penyusun
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN ..... 1
Latar Belakang 1
Rumusan Masalah 2
Tujuan Penelitian 3
BAB II PEMBAHASAN 4
A. Menyusuaikan Rumus Masalah............................................ 5
B. Menyusuaikan Rumus Masalah........................................... 6
C. Menyusuaikan Rumus Masalah........................................... 7
BAB III PENUTUP....................................................................... 8
A. Kesimpulan......................................................................... 9
B. Saran.................................................................................... 10
DAFTAR RUJUKAN..................................................................... 11
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestais yang terbaik dan guru dapat menampilakan kinerja yang terbaik. Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, kondusif unutk belajar dan hubungan antara warga sekolahnya positif.
Sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin menyediakan lingkungan fisik (gedung, kelas, halaman). Selain aspek keamanan fisik, kenyamanan atau disebut iklim sekolah, yaitu menyangkut atmosfir, perasaan, lingkungan keseluruhan secara sosial dan emosional sekolah juga harus diciptakan secara positif. Faktor yang mempengaruhi kenyamanan atau iklim sekolah ini adalah hubungan atau keterikan antar warga sekolah, interaksi antar warga sekolah, rasa saling mempercayai dan saling menghargai antar warga sekolah.
Keamanan, kenyamanan dan kedisiplinan suatu sekolah ditentukan oleh nilai-nilai dan sikap warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, sisawa, orang tua, komite sekolah. Pada sekolah yang aman, warga sekolah mempunyai komite yang mendalam dalam menciptakan dan menjaga sekolah. Insden intimidasi, kekerasan diselesaikan dengan cepat, efektif dan pemulihan hubungan antara warga sekolah cepat dipulihkan.
1.2. Rumus Masalah
1.Bagaimana interaksi antara warga sekolah dapat meningkatkan
keamanan dan ketertiban di sekolah?
2. Bagaimana sikap dan perilaku antar warga sekolah dapat meningkatkan
Keamanan dan ketertiban di sekolah?
1.3. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui interaksi antar warga sekolah dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban di sekolah.
Untuk mengetahui sikap dan perilaku antar warga sekolah dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban di sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Apa Itu Sekolah Aman
Menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin sangatlah penting agar siswa dapat mencapai perestasi yang terbaik dan guru dapat menampilkan kinerja yang terbaik. Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolahny bebas dari rasa takut, kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnya posifit.
Keamana kenyaman dan disiplin suatu sekolah ditentukan oleh niliai-nilai dan sikap warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, komitmen yang mendalam dalam menciptakan dan menjaga sekolah. Insiden intimidasi, kekerasan diselesaikan dengan cepat, efektif dan pemulihan hubungan antar warga sekolah cepat dipulihkan.
2.2. Cara mewujudkan sekolah yang aman, nyaman dan disiplin
Untuk mewujudkan sekolah yang aman perlu dilskuksn beberapa langka, pertama sekolah harus membentuk komite yang terdiri dari berbagi sekolahdan siswa. Dengan melibatkan semua fisik diharapkan komite dapat memperjatan pemahaman dan kesepakatan tentang apa yang perlu dilakukan.
Tugas pertama dari komite ini adalah melakukan needs assesssment mengenai keadaan sekolah saat ini ditinjau dari segi keamanan. Berdasarkan penilaian awal ini, komite dapat memperoleh pengetahuan mengenai kekuatan dan kelemahan sekolah dalam hal keamanan. Berdasarkan hal ini rencana untuk mewujudkan sekolah yang aman.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Keamanan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab bersama siswa, orang tua, staf, dan komunitas. Dengan memprioritaskan keamanan fisik, emosional, dan cyber, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan positif dan kesejahteraan semua pihak yang terlibat.
3.2. Saran
Siswa hendaknya dengan patuh kesadaran diri untuk mematuhui Tata Tertib sekolah.
DAFTAR RUJUKAN
https://id.scribd.com/document/454730039/MAKALAH-KEAMANAN-LINGKUNGAN-SEKOLAH-docx
https://id.scribd.com/document/438529559/MAKALAH-KEAMANAN-SEKOLAH

Komentar
Posting Komentar