SARANA DAN PRASARANA
MAKALAH
SARANA DAN PRASARANA MADRASAH
DISUSUN OLEH :
Afina Fika Alfirdausi
Nayla Nahwa Al-Zulfah
MA
ALMAARIF SINGOSARI
2024/2025
I
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolonganNya tentunya kami tidak akan
sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam
semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW
yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di akhirat nanti. Penulis mengucapkan
syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat
fisik maupun akal pikiran, sehinggan penulis mampu untuk menyelesaikan
pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata Pelajaran Bahasa indonesia
dengan judul “kebersihan lingkungan sekolah”. Penulis tentu menyadari bahwa
makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan
serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta
saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi
makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepda bapak Indra yang telah mengajar
Bahasa indonesiadi kelas 11. Demikian, penulis
berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.Terima kasih.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL......................................................................................
i
KATA PENGANTAR.....................................................................................
ii
DAFTAR ISI...................................................................................................
iii
BAB I. PENDAHULUAN................................................................................. 1
Latar
belakang .................................................................................. 1
Rumusan
masalah.............................................................................. 1
Tujuan
............................................................................................. 1
Metode
penelitian.............................................................................. 1
BAB II.PEMBAHASAN.................................................................................. 2
BAB III. PENUTUP..........................................................................................3
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mushollah merupkan salaah satu tempat umat muslim,yang mana didalamnya
kita merasa tenang dan nyaman. Namun ,tidak dengan mushollah di madrasah ini
kondisinya yang memprihatinkan membat para siswa tidak nyaman untuk
melaksanakan sholat di madrasah. Kebersihannya yang tidak terjaga ,tidak
jelasnya batas najis dan suci sehigga para siswa ragu atas kesuciannya serta
rusakna sebagian lantai mushollah.
Masalah tersebut disebabkan oleh
kurang turun tangannya pihak madrasah terhadap sarana dan prasarana beribadah.
Mereka lebih mengutamakan membangun bangunan baru dari pada menjaga,memperbaiki
dan merawat bangunan mushollah. Hal tersebut mengakibatkan malasnya siswa dalam
beribadah karena mushollah di madrasah tidak memenuhi standar mushollah pada
umumnya.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dinyatakan
tersebut, penuis merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas didalam makalah
sebagai berikut.
1.
Bagaimanakah ketidakpedulian pihak madrasah terhadap
sarana dan prasarana beribadah?
2. Apa
saja yang harus dilakukan pihak madrasah untuk meningkatkan kualitas sarana dan
prasarana beribadah?
Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai
berikut.
1.
Supaya mushollah di madrasah dapat berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi standar mushollah pada
umumnya.
2. Menyadarkan pihak madrasah.
Metode dan teknik Penelitian
Untuk
mendapatkan informasi dan data yang diperlukan, penulis menginakan metode
observasi. Adapun teknik yang dipegunakan dalam penelitian sebagai berikut.
1.
Teknik
pengamatan langsung, penulis terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui
keadaan mushusollah madrasah.
2.
Teknik
wawancara, teknik ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terhadap kasus yang
dibahas. responden meliputi siswa-siswi madrasah sebagai sumber informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
Mushollah merupakan salah satu sarana prasarana
yang seharusnya lebih diutamakan fasilitasnya daripada bangunan lain. Namun
tidak di Madrasah ini. Pihak sekolah selalu menomor duakan mushollah. Saat ini,
Mushollah di madrasah hanya ada dua, karena salah satu mushollah laintainya
mengalami kerusakan. Tidak ada perhatian khusus uang ditunjukkan pihak
madrasah. Mereka lebih mementingkan membangun bangunan baru. Selain itu, pihakn
madrasah juga tidak memperhatikan fasilitas mushollah, seperti batasbnajis dan
suci, batas laki-laki dan perempuan serta fasilitas pendamping lainnya seperti
mukenah bagi perempuan dan sarung bagi laki-laki. Mushollah juga dinilai cukup
sempit dan tidak memenuhi standart mushollah pada umumnya.
Beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh pihak
madrasah agar mushollah memenuhi standart musholah.
1.
Memberi batas najis dan suci secara jelas
2.
Membangun kolam kaki agar kesuciannya lebih
terjaga. Jikaal itu tidak memungkinkan maka bisa membangun tapak suci sebagai
opsi terakhir
3.
Mushollah yang rusak segera diperbaiki. Kondisi
mushollah yang sempit membuat siswa dan siswi kurang nyaman menjalankan
ibadahnya.
4.
Mushollah bagian perempuan dibangun lebih
tertutup lagi.
5.
Memasang cermin untuk memudahkan para siswi
mengenakan hijab.
6.
Menjaga kebersihan dan kerapian mushollah
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Kesadran pihak madrasah terhadap kelayakan fasilitas mushollah di madrsah masih kurang. Akibatnya, mushollah tidak memenuhi standart mushollah pada umumnya. Hal tersebut juga berakibat pada malasnya para siswa – siswi untuk beribadah. Agar mushollah tersebut mmenuhi standart, pihak madrasah harus mengupayakannya. Banyak cara yang dapat ilakukan pihak madrasah agar mushollah memenuhi standart mushollah pada umumnya. Upaya yang dilakukan harus dari pihak madrasah terlebih dahulu. Selanjutnya, dapat melibatkan seluruh warga madrasah untuk menjaga
Komentar
Posting Komentar