KETERTIBAN SEBAGAI KUNCI KEMAJUAN DAN KEBERHASIALAN SISWA MA ALMAARIF
KETERTIBAN SEBAGAI KUNCI KEMAJUAN DAN KEBERHASIALAN SISWA MA ALMAARIF
MAKALAH
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Disusun Oleh:
M HAYDAR / 18
NAILA FILHA NAFISAH / 29
YAYASAN PENDIDIKAN ALMAARIF SINGOSARI MALANG
SK Menkumham Nomor: AHU-0003189.AH.01.04. Tahun 2015 - Jo. Akte Notaris E.H. Widjaja. SH. No.77 Tahun 1978
MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI
TERAKREDITASI “A”
NSM: 131235070033 NPSN: 20584198
Jl. Ronggolawe No.07 RT 06 RW 03 Telp.(0341) 441028, Fax.(0341) 450269 Pagentan Singosari Malang 65153
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan tugas makalah Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2023/2024. Yang diberikah oleh Bapak Indra Nurdianto,S.Pd
Makalah Tata Tertib Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 kami susun sebagai aturan yang harus dipedomani bersama dalam kegiatan yang ada di Madrasah. Baik bagi guru, staf dan siswa (seluruh civitas akademik). Sebagai bentuk tanggung jawab dalam melaksanakan program peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah.
Makalah Tata Tertib Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 yang sudah terselesaikan ini tentunya masih banyak kekurangan. Untuk itu, saran dan masukan sangat kami harapkan demi perbaikan Makalah Tata Tertib Madrasah Aliyah Almaarif Singosari ke depan. Atas kerjasama yang baik kami mengucapkan terima kasih.
Singosari, 11 Maret 2024
NAILA FILHA N
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang 4
Rumusan Masalah 4
Tujuan dan Manfaat 4
BAB II PEMBAHASAN
Menertibkan Jam Masuk dan Pembelajaran di Kelas....................................5
Melegalkan Alat Elektronik Sebagai pecegahan pelanggaran tata tertib bagi siswa ...............................................................................................................6
Memeperketat Ketertiban dalam Berseragam................................................6
BAB III PENUTUP
3.1Kesimpulan......................................................................................................7
3.2 Saran...............................................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................7
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam membangun generasi muda yang cerdas dan berkarakter. Sekolah sebagai tempat penyelenggaraan pendididkan formal memiliki peran penting dalam mewujudkan tujuan tersebut. Namun, tercapainya tujuan pendidikan tidak hanya bergantung pada kurikulum dan metode pembelajaran, tetapi juga pada keteraturan dan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Hal ini dapat dicapai melalui penerapan Tata tertib sekolah yang efektif. Tata tertib sekolah merupakan seperangkat aturan yang mengatur perilaku dan tindakan seluruh warga sekolah, baik siswa, guru, maupun staf. Aturan ini dibuat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, aman, dan nyaman bagi semua pihak.
1.2 Rumusan masalah
Hal apa yang dapat dilakuan agar para siswa-siswi menjadi lebih tertib?
Apa dampak dari jam kosong?
Apa dampak positif ketika mematuhi peraturan dalam menggunakan seragam?
Mengapa alat elektronik sangat penting di era pembelajaran sekarang?
1.3 Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun makalah Tata tertib ini adalah sebagai berikut:
Mendeskripsikan pentingnya tata tertib Ma almaarif dalam menciptakan lingkungan belajar yag kondusif.
Memberikan rekmendasi utuk meningkatkan efektivitas penerapan tata tertib Ma almaarif.
Memberikan panduan bagi Ma almaarif dalam merumuskan dan menerapkan tata tertib efektif.
Meningkatkan kesadaran siswa, guru, dan staf tentang hak dan kewajiban mereka dilingkungan sekolah Ma almaarif
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Menertibkan jam masuk dan pembelajaran di kelas
Menertibkan jam masuk sekolah merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kedatangan siswa tepat waktu dapat membantu melancarkan proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan. Tentunya Ma almaarif dapat dengan mudah megedisiplian para siswa- siswinya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar para siswa-siswi mejadi lebih tertib terhadap peraturan:
Memperketat penutupan gerbang sesuai jam masuk atau memberikan toleransi maksimal 5 menit untuk mengurangi jumlah siswa yang telat.
Apabila denga perturan tersebut para siswa-siswinya tetap melanggar, maka petugas tatib bisa mengedisiplikannya secara tegas dengan memberikan hukuman yang tidak memberatkan atau mencederai siswa-siswinya, dan tidak memberikan hukuman fisik yang dapat melukai dan mencederai fisik.
Hukuman yang diberikan juga sangat dianjurkan untuk tidak memakan satu jam pelajaran mereka, cukup 2-5 menit per anak. Apabila hukuman telah mencapai satu jam pelajaran maka siswa tersebut dapat kehilangan materi pembelajarannya selama satu jam dan dapat berdampak pada nilai siswa-siswi.
Tidak hanya itu, jam pembelajaran para siswa-siswi sangat penting untuk diperhatikan. Ma almaarif harus memperketat jam pelajaran agar tidak banyak jam kosong di dalam kelas. Ketika ada jam kosong hal perlu dilakukan oleh pihak madrasah yaitu dengan:
Menyediakan guru pengganti untuk engoptimalkan proses belajar mengajar dikelas. Karena dampak jam kosong terus menerus sangat berbahaya bagi kedisiplinan siswa-siswinya. Jam kosong menyebab kan para siswa-siswinya menjadi malas untuk bersekolah, mengerjakan tugas, bahkan menyebakan tidur dikelas saat guru menjelaskan. Hal tersebut akan menjadi kebiasaan buruk siswa dan harus segera dicegah dan diatasi oleh pihak madrasah.
Memberikan tugas sesuai materi yang telah dijelaskan. Hal tersebut dapatmembantu siswa-siswi untuk memahami lebih dalam materi yang telah disampaikan oleh guru mata pelajaran.
Karena jam kosong dapat memperlambat materi atau mengurangi materi yang seharusnya dibahas sebagai pemahaman siswa.Karena dampak jam kosong terus menerus sangat berbahaya bagi kedisiplinan siswa-siswinya. Jam kosong menyebabkan para siswa-siswi menjadi malas untuk bersekolah, mengerjakan tugas, bahkan menyebakan tidur dikelas. Hal tersebut akan menjadi kebiasaan buruk siswa dan harus segera dicegah dan diatasi oleh pihak madrasah.
2.2 Melegalkan alat elektronik sebagai pecegahan pelanggaran tata tertib bagi siswa
Alat elektronik terutama gawai, sangat penting di era sekarang. Karena media pembelajaran sekarang sering sekali menggunakan media elektronik karena dianggap seru dan menarik perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung. Media elektronik juga sangat bermanfaat bagi siswa-siswi di era sekarang, siantaranya:
Akses informasi yang mudah dan cepat
Meingkatkan motivasi belajar
Kesempatan belajar yang lebih luas
Meningkatkan kreativitas dan inovasi
Selain itu, Madrasah juga membutuhkan gawai untuk digunakan sebagai alat mengscan lks berbarcode, karena hal tersebut memudahkan siswa dalam memahami materi dan untuk sumber informasi sebagai pemahaman siswa saat mengerjaka soal soal latihan. Banyak siswa yang sering melanggar peraturan tersebut karena gawai sangat dibutuhkan dan mempermudah dalam media pembelajaran. Maka madrasah bisa megizinkan dan menertibkan waktu penggunaan gawai di lingkungan madrasah.
2.3 Memperketat Ketertiban dalam Berseragam
Ketertiban dalam berseragam memang sangat penting, karena hal tersebut merupakan cara sederhana untuk membentuk karakter siswa yang patuh terhadap tata tertib sekolah. Tidak sedikit siswa yang masi melanggar peraturan Madrasah tersebut. Seperti tidak memakai sepatu hitam, dasi, ataupun kerudung yang tidak sesuai jadwal seragam. Hal tersebut perlu dipertegas agar siswa dapat dengan patuh dan rapi saat berseragam. Ada dampak positif ketika menggunakan seragam sesuai engan ketentuan madrasah diantaranya:
Membangun identitas dan kebanggan sekolah
Membentuk kedisiplinan dan kepatuhan
Menumbuhkan rasa nasionalisme
Meningkatkan rasa percaya diri
Cara yang dapat dilakuan agar siswa dapat mematuhi peraturan berseragam yaitu:
Meberikan sanksi yang adil dan konsisten
Memberika apresiasi pada siwa yang patuh
Memberikan edukasi dan sosialisai betapa pentignya mematuhi peraturan sekolah, agar siswa satu dengan yang lainnya saling mengingatkan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Tata tertib sekolah adalah seperangkat aturan dan norma yang dibuat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman bagi semua siswa, guru, dan staf sekolah. Aturan ini membantu melancarkan proses belajar mengajar dan memastikan semua orang di sekolah dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Tata tertib sekolah merupakan elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman. Dengan mematuhi tata tertib sekolah, siswa dapat belajar dengan lebih optimal dan mencapai prestasi yang terbaik.
3.2 Saran
Disiplin yang efektif tidak hanya tentang menghukum pelanggaran, tetapi juga tentang membantu siswa belajar dan berkembang. Dengan menerapkan strategi disiplin yang positif dan konstruktif, pihak sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi semua siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Ismail, M. (2024). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa di Ma almaarif Singosari. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 136-144.
Wulandari, D. R. (2024). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di Ma almaarif Singosari. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 65-74.
Komentar
Posting Komentar