Hubungan antara academic self-concept dan konformitas terhadap teman sebaya di Madrasah Aliyah (MA) Al-Maarif Singosari – Malang
Artikel
Hubungan antara academic self-concept dan konformitas terhadap teman sebaya di Madrasah Aliyah (MA) Al-Maarif Singosari – Malang
Nama kelompok : CHALISTA DHEA ANANTA
MUHAMMAD RAMADHANI
Haloo teman-teman!!!
Pernahkah kalian mendengar Academic Self-concept??? yaa kalo belum dengarr kamii akan menjelaskan...
Academic self-concept merupakan persepsi dan penilaian seseorang terhadap kemampuan akademiknya. Sedangkan konformitas terhadap teman sebaya adalah kecenderungan individu untuk menyesuaikan perilaku, sikap, kepercayaan, dan nilai-nilai dengan kelompok teman sebayanya.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat hubungan yang signifikan antara academic self-concept dan konformitas terhadap teman sebaya di lingkungan Madrasah Aliyah (MA) Al-Maarif Singosari - Malang. Beberapa temuan penting adalah:
1. Siswa dengan academic self-concept yang positif cenderung memiliki tingkat konformitas yang rendah terhadap teman sebaya. Mereka lebih percaya diri dan tidak mudah terpengaruh oleh tekanan kelompok.
2. Sebaliknya, siswa dengan academic self-concept yang negatif atau rendah, biasanya memiliki tingkat konformitas yang lebih tinggi terhadap teman sebaya. Mereka cenderung mengikuti perilaku dan norma kelompok untuk mendapatkan penerimaan dan pengakuan.
3. Faktor-faktor lain seperti lingkungan keluarga, budaya sekolah, dan dukungan guru juga turut mempengaruhi hubungan antara academic self-concept dan konformitas terhadap teman sebaya.
Kesimpulannya, academic self-concept yang positif dapat membantu siswa MA Al-Maarif Singosari - Malang untuk memiliki kepercayaan diri yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh tekanan konformitas dari teman sebaya. Hal ini penting untuk mendukung prestasi akademik dan perkembangan diri siswa secara optimal.
Komentar
Posting Komentar